Cara Membuat Pesawat Mainan Radio (Remote) Control

Membuat sendiri pesawat RC - Memang menarik sekali hobi yang satu ini, mapping, merangkai, testing, dan finally flying! Hobi aero modelling memang banyak digandrungi karena menumbuhkan kreatifitas tersendiri. Pengunjung tentu masih ingat dengan cara membuat rangka pesawat mainan pada posting sebelumnya? Kali ini, sembari surfing di internet saya coba sharing mengenai cara membuat pesawat mainan RC dari styrofoam. Bahannya yang ringan dan mudah pembentukannya, menjadikan pesawat mainan berbahan styrofoam ini banyak peminatnya. Khususnya bagi yang hobby dengan model pesawat atau aeromodelling.

Bila sebelumnya saya membuat rangka pesawat mainan dari bahan papan kayu yang ringan untuk menopang baterai dan dinamo, pada model yang ini berbeda. Karena model pesawat yang saya contohkan kali ini memang di desain menjadi pesawat remote (radio) control mainan yang bisa terbang, jadi tidak perlu membuat rangka lagi. Semuanya langsung ditempatkan pada bahan styrfoam, baik dinamo, baling-baling, maupun baterainya. Karena itu, dinamo dan baterai yang digunakan memang khusus untuk pesawat model. Baterai dengan daya (power) tinggi, serta dynamo dengan kecepatan yang tinggi pula, sehingga secara matematis bisa mendorong beban body pesawat.

Bahan-bahannya tidak bisa dicarikan dari bekas mainan seperti yang saya contohkan sebelumnya, tapi memang dibeli khusus pada toko-toko penyedia alat-alat aeromodelling. Kalau ingin serius mendalami hobi ini ada baiknya memang belajar-belajar dahulu, baru kemudian sesekali mendatangi toko aero modelling.

Rangka pesawat sebelumnya memang digunakan untuk menopang dua baterai dan dinamo, penopang baterai dan dinamo diambilkan dari bekas mainan rusak, Tamiya misalnya. Dinamo model ini dengan daya 2 baterai A2, secara matematis memang terlalu berat untuk bisa diangkat oleh kekuatan semburan angin. Pesawat model yang sebelumnya hanya bisa dibuat menjadi pesawat gantung yang terus berputar. Beban pesawat ditopang oleh tali, kemudian baling-baling mendorongnya untuk terus berputar. Tapi untung saja, anak-anak tidak protes. Dengan pesawat yang digantung saja mereka sudah senang.

Kembali pada pesawat remote (radio) control mainan berbahan styrofoam yang akan kita buat ini, kita akan mulai dengan list bahan-bahan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sebuah pesawat model memang mahal, harganya mulai dari Rp100.000,- sampai jutaan.

Dari hasil surfing, untuk membuat pesawat model yang cocok untuk pemula, kita bisa coba beberapa peralatan berikut:

1. Baterai : Anda bisa coba Turnigy nano-tech 850mah 4S 25~50C Lipo Pack
2. Charger Battery : Turnigy balancer & Charger 2S-3S
2. Dinamo : Anda bisa coba Tower Pro 2408-21T Brushless Outrunner Motor 1400kv
3. Baling-baling : GWS EP Propeller (RD-1410 356x254mm)
4. Remote Control : HobbyKing 2.4Ghz 4Ch Tx & Rx V2
5. Pengontrol Keceatan : Hobbyking SS Series 15-18A ESC
6. Beberapa alat tambahan misalnya, cutter, lem, solder, dll.

Setelah semua bahan terkumpul, agar seluruh proses pembuatan pesawat remote (radio) control mainan dapat dibuat sesuai dengan perkiraan hitungan aeromodelling, ada baiknya Anda menggunakan map plan berikut untuk memotong bagian-bagian dari styrofoam, sehingga semua bagian bisa terukur dengan baik.

Map Plan Pesawat RC

Dengan melakukan pemotongan styrofoam berdasarkan plan yang sudah diprint tadi, Anda sekarang tinggal menyusun bagian-bagiannya sehingga membentuk sebuah pesawat model remote control pertama Anda.

Bila masih ragu, Anda bisa melihat video cara pembuatan pesawat remote (radio) control mainan berikut ini.

Video Cara Pembuatan Pesawat Mainan Remote Control


Step 1 Pemotongan Styrofoam


Step 2


Step 3


Demikian sedikit sharing mengenai cara pembuatan pesawat mainan remote control. Ini menambahi sekaligus update posting sebelumnya mengenai cara pembuatan rangka pesawat mainan dari alat-alat bekas mainan rusak. Memang Anda harus mengeluarkan dana tidak sedikit untuk berhasil membuat pesawat mainan model ini, tapi kayaknya hobby bisa menjadi sesuatu yang menarik. Semoga membantu.

Judul artikel: Cara Membuat Pesawat Mainan Radio (Remote) Control
Kategori :
Diposting pada: Jumat, Maret 08, 2013
Link Tautan: http://www.pojokmanfaat.com/2013/03/cara-membuat-pesawat-mainan-radio-control.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

34 komentar:

  1. hi bro perkenalkan nama saya calvin
    saya masih baru di aeromodelling
    saya skrg lg proses membuat pesawatnya bro, tp masalahnya di bahan susah di dapat mohon solusinya bro
    salam AMAZING

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terimakasih komentarnya mas Calvinh

      Untuk memolai aeromodelling memang butuh keberanian, kalau mencoba sendiri tidak ada salahnya, yang penting di daerah mas bro ada toko penyedia peralatannya. kalau tidak ada, masbro tidak bisa sendiri harus punya teman yang sama-sama gandrung pada aeromodelling. Ane saranin untuk kontak komunitas aeromodelling setempat.

      Membeli peralatan secara online juga bisa tapi masbro sebaiknya beli ke toko online yang alamat daratnya jelas, sehingga bisa komplain kalau ada apa-apa.

      Itu dulu ya, saya juga baru kok di aeromodelling.

      Hapus
    2. gan boleh mnta nomer hp ny gak buat tnya tnya

      Hapus
  2. browww ada diagram alur prosesnya gk???

    BalasHapus
  3. boleh mnta nomer hp ny gak buat tnya tnya

    BalasHapus
  4. bro, klo di jakarta dimana bisa beli peralatannya?, thank's before

    BalasHapus
  5. Mas bro mw tnya klo batrei n motor nya di ambil dr bkas rc heli, bisa gak ya,? Trs btuh kmponen apa lagi biar bz trbang?

    BalasHapus
  6. Mas bro mw tnya klo batrei sama motor nya di ambil dari bekas rc helikopter bza gak ya, trs btuh kmponen apa lgi biar bza terbang?
    Thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mestinya bisa Mas ... karena kekuatan daya dorong dari rc helicopter sedianya sudah cukup untuk mendorong pesawat dari styro foam. Ata kalau belum bisa take off sendiri ... bisa dibantu dengan bantuan karet saat take off ... bikin semacam ketepel ...

      Hapus
  7. mas bro mw tnya, bedanya Gabus sama styrofoam ap mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. podo ae mas alias sama saja (asal bukan gabus cuci piring) he he he.

      Hapus
    2. gan...videonya bisa di download gk..
      minta linknya dong....!!!!

      Hapus
    3. Langsung ke link aslinya gan, ada di youtube.

      Hapus
  8. gimana pakai mobil remot seperti dinamo komponen


    BalasHapus
    Balasan
    1. umumnya dinamo darimainan bekas seperti mobil-mobilan itu daya dorongnya lemah mas. Jadi tidak kuat mendorong body pesawat sampai bisa terbang. Paling-paling ya pesawatnya digantung dan putar-putar. Trims

      Hapus
    2. mas brow di mana saya bisa mendapatkan alat alat tersebut...?

      Hapus
  9. bagai mana caranya saya bisa memdapatkan peralatan yang digunakannya broo...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi dimana mas? Kalau di Surabaya bisa ke Jln. Baratajaya XIX/57B Surabaya 60284 (Surabaya Hobby). Kalau di luar Surabaya bisa kontak komunitas aeromodelling setempat. Cari saja dengan kata kunci "komunitas aeromodelling" atau "peralatan aeromodelling". Semoga membantu

      Hapus
  10. kalo jakarta timur diman beli bahannya mas
    tolong bantuannya mas..

    BalasHapus
  11. bagai mana cara beli onlinenya mas row..

    sekalian mas brow minta no hendponnya donk buat nanya"..

    BalasHapus
  12. Kalau toko aero modellingnya ada mas bro (Jl. Aksara 777b Medan). Untuk komunitasnya, saya belum temukan nih.

    BalasHapus
  13. kalau bahannya kita buat sendiri semua bisa ndak?hemmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat sendiri, wah tantangan yang menarik sepertinya ya. Untuk membuat sendiri bisa saja mas, asal kita tahu beberapa teknik elektronik. Kebutuhan utama seperti Dinamo, bisa kita buat sendiri dengan teknik spooling, remot control bisa dibuat sendiri dengan pemahaman pada sensor, sirkuit listrik, dan signal radio. Yang belum memungkinkan adalah buat baterai sendiri. Baterai pada pesawat aero modelling harus ringan dengan daya kuat. Umumnya, bateri bisa berdaya kuat dengan bahan yang berat pula, jadi beli baterai kayaknya lebih mudah. Atau kombinasi baterai bekas alat listrik yang lain. Siapa yang mau mengawali invention ini ... Monggo share juga ...

      Hapus
    2. boleh jg bro...sy mau

      Hapus
  14. Masih ada yang kurang keknya gan "Servo" hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan terimakasih tambahannya. Untuk agan yang ingin tahu bagaimana pemasangan servo yang benar bisa dicek di sini. Ngomong-ngomong videonya menarik gan ...

      Hapus
  15. ad yg cara membuat komponen helicopter ga bro,,
    kl ad kirim k email ane yg bro,,
    video cara pembuatan sma komponen nya mas bro,,
    arlee_mtop@yahoo.com
    thx mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum perna coba rangkai helicopter mas bro. Coba saya cari-cari referensinya dulu ya, atau coba tanya-tanya teman saya.

      Hapus
  16. mas refresnsi yg sampean berikan itu kira kira habis dana berapa ya
    trimakasih

    BalasHapus
  17. Bro buat kan aku pesawat rc biar aku beli nanti

    BalasHapus
  18. masmw tanyak ni, aku udah bwt pesawat rc dari styrofom tapi waktu blanja batre batrenya kok berat y????
    trus pesawatnya kok gak bisa terbang, sayap aku buat lebar 29cmdan panjangnya melebihi pesawatnya. itu kenapa y mas????? mohon jawabannya y mas..

    BalasHapus
  19. Berat baterai berpengaruh mas. Intinya, untuk membuat pesawat bisa terbang adalah kalkulasi berat keseluruhan pesawat dikurangi daya dorong dan daya angkat sayap. Atau daya dorong dinamo minimal sama dengan berat keseluruhan pesawat (AUW) dikurangi daya angkat sayap. Coba dulu dengan membuat sayap saja dirangkai dengan kerangka yang ringan, atau mengganti baterai yang lebih ringan. Memperpanjang dan memperlebar sayap hanya akan menambah berat pesawat mas.

    BalasHapus
  20. mas klw pkai batry hp bisa gak mas....dengan kekuatan 840 mhz dan di namo dvd

    BalasHapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.