Manfaat Makan Ikan

Ikan – Masih ingat dengan Gerakan Cinta Ikan yang digadang pemerintah? Ternyata, bila Anda tahu sendiri manfaat makan ikan, tanpa ada Gerakan Cinta Ikan pun Anda akan suka makan ikan. Manfaat makan atau mengkonsumsi ikan itu banyak sekali, terlebih bila sudah dibiasakan sejak kecil. Setidaknya, bila dikonsumsi anak-anak, kandungan gizi dalam ikan dapat membantu meningkatkan aktivitas otak, mencegah jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan. Bahkan dalam penelitian terbaru oleh Institute of Environmental Medicine dan The Department of Clinical Science and Education di Stockholm, memberikan asupan ikan kepada anak hingga umur 12 tahun dapat membantu mencegah munculnya alergi.



Ikan Mengurangi Resiko Alergi


Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek sekitar 3.825 anak melalui partisipasi orang tua mereka sejak saat anak antara usia 1, 2, 4, 8, dan 12 untuk menilai timbulnya gejala alergi, faktor gaya hidup, dan paparan lingkungan. Dalam kuisioner yang diberikan kepada orang tua, peneliti mencatat seberapa banyak ikan yang dikonsumsi dalam menu hariannya. Kemudian saat anak berusia 8 tahun, mereka diberikan tes Immunoglobulin E (IgE) untuk mengetahui apakah ada gejala alergi.

Walhasil, konsumsi ikan yang cukup untuk anak usia 1 sampai 12 tahun dapat mengurangi resiko alergi hingga 74 persen. Mereka berpandangan bahwa kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi jantung. Meski baik, konsumsi ikan juga perlu hati-hati, karena ada beberapa jenis ikan yang mempunyai kandungan merkuri tinggi. Terlalu banyak mendapatkan asupan merkuri dalam tubuh juga tidak baik. Beberapa ikan yang mengandung merkuri adalah hiu, marlin, swordfish, makarel, dan tuna Ahi.

Ikan Baik untuk Kesehatan Jantung


Mengkonsumsi ikan ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena adanya Asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan. Setidaknya ada 4 hal yang dapat diambil manfaatnya dari ikan untuk mencegah penyakit jantung dan gagal jantung. Kandungan dalam ikan dapat 1) mencegah akumulasi trigliserida, 2) mengurangi tingkat trigliserida berlebih, 3) meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan 4) mencegah pembekuan darah. Karena itu, jangan lupa makan ikan setidaknya dua porsi dalam seminggu.

Ikan Cocok untuk Diet


Minyak ikan dan DHA dapat mengentikan proses konversi dari pra sel lemak ke sel lemak. Hal ini berarti mengurangi jumlah lemak yang akan diproduksi, demikian hasil sebuah penelitian di University of Georgia. Bahkan dalam penelitian sebelumnya, seseorang yang berolahraga dan sebelumnya telah mengkonsumsi minyak ikan ternyata lebih efektif menurunkan lemak daripada yang tidak minum minyak ikan.

Konsumsi Ikan Dapat Menekan risiko kanker


Bila sebelumnya ikan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, ternyata omega 3 dalam ikan terbukti dapat membantu mencegah kanker. Tidak tangungg-tanggung, jenis kanker yang dapat ditekan dengan ikan adalah jenis kanker paling umum yakni kanker payudara, kolon, dan prostat.

Ikan Dapat Meningkatkan fungsi otak


Ini lho yang cocok untuk anak-anak kita. Perkembangan otak anak akan dapat berlangsung secara maksimal dengan tambahan suplai asupan ikan. Mengapa demikian? Karena dalam ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal dalam dunia kesehatan dapat membantu perkembangan otak. Dengan tambahan asupan ini fokus mental pada anak-anak dan bahkan orang dewasa  dapat semakin meningkat. Jadi, daripada bergantung pada susu bubuk yang mengandung omega-3 namun kita belum bisa melakukan analisis dan uji kandungannya, lebih baik memakai yang pasti-pasti seperti yang ada dalam ikan ini.

Ikan Dapat Melawan peradangan


Anti-inflamasi yang ada dalam minyak ikan sangat efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan. Asam lemak omega-3, khususnya EPA, banyak ditemukan dalam minyak ikan dan memiliki efek yang sangat positif pada respons inflamasi sehingga sangat membantu dalam mengurangi radang sendi, prostatitis (radang prostat), dan sistitis (radang kandung kemih). Para peneliti mengatakan, asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko inflamasi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Ikan Bisa Menyehatkan mata


Kita terbiasa mendapat informasi bahwa vitamin A yang ada pada buah-buahan dan sayuran dapat membantu menyehatkan mata, tapi kita jarang sekali mengetahui bahwa ikan mempunyai kandungan yang juga tak kalah dahsyatnya dalam kesehatan mata. Ikan mengandung zat yang dapat melawan degenerasi makula (bagian tengah retina), glaukoma, dan sindrom mata kering. Dengan memakan ikan dua porsi per minggu seseorang dapat lebih kecil kemungkinan mengalami degenerasi makula (penyebab utama kebutaan terkait usia).

Ikan Cocok untuk Perawatan kulit


Setelah mata, apa lagi ya manfaat ikan ini? Ternyata ikan juga efektif untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Dalam Journal of Lipid Research, asam lemak omega-3 EPA yang ditemukan dalam minyak ikan dapat membantu mencegah keriput dan menunda proses penuaan kulit. Wah tidak terasa kan, bahwa kita selama ini telah banyak mengkonsumsi zat anti-aging yang ada dalam ikan.

Ikan Dapat Membantu Mengatasi depresi


Kalau sering depresi, sebaiknya Anda mulai banyak mengkonsumsi ikan. Sebagaimana informasi yang menemukan bahwa masyarakat yang mengonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Itu tandanya, kalau kita sering cemas dan depresi, berarti kekurangan ikan, he he he.

Itulah beberapa manfaat makan ikan. Ternyata mengkonsumsi ikan sangatlah baik untuk kita, termasuk menghindar dari resiko penyakit jantung dan kanker. Jadi, tidak salah bila saat ini pemerintah sedang galak-galaknya menebar informasi untuk mengkonsumsi ikan lebih banyak, Gerakan Aku Cinta Ikan.

Judul artikel: Manfaat Makan Ikan
Kategori :
Diposting pada: Jumat, April 12, 2013
Link Tautan: http://www.pojokmanfaat.com/2013/04/manfaat-makan-ikan.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.