Cara Mengetahui Tingkat Kecerdasan IQ Seseorang

Tingkat IQ - Intelligence Quotient (IQ) disepakati secara umum untuk menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang. Kemampuan seseorang berdasarkan tingkat IQ ini didasarkan pada kemampuan berfikir, menghitung, menghafal dan mempertimbangkan. Berdasarkan hasil tes IQ akan diketahui tingkat kecerdasan seseorang berdasarkan nilai hasil tes tersebut. Ada beberapa pakar memang yang mengkritik cara penilaian kecerdasan seperti ini, karena dianggap terlalu sempit dalam menentukan dan menilai seseorang. Dalam kesempatan lain akan saya posting tentang masalah ini. Saat ini saya cukupkan pada cara penentuan tingkat kecerdasan seseorang berdasar hasil tes IQ. Bagaimana urutan penilaian tersebut?

Tingkat kecerdasan berdasarkan hasil tes IQ


Tingkat Kecerdasan Idiot (0-29)


Seseorang bisa dikatakan idiot bila nilai hasil tes IQ hanya 0 sampai 29. Pada tingkat ini dianggap seseorang tersebut adalah individu terbelakang. Ia mempunyai tingkat kecerdasan hampir sama dengan anak umur 2 tahun walau sudah dewasa dewasa. Secara wadag cirinya isa diketahi dengan cara bicaranya yang tidak lancar, beberapa patah kata saja, dan tidak mempunyai kemampuan untuk mengurus diri sendiri.

Tingkat Kecerdasan Imbecile (30-40)


Seseorang bisa dikatakan mempunyai kecerdasan tingkat Imbecile bila nilai tes IQ-nya hanya sampai pada 30-40. Tingkat kecerdasannya mirip dengan anak-anak umur 3-7 tahun. Secara wadag penampilannya biasa, terkadang mandiri, dan mempunyai pustaka kata lebih banyak. Namun masih memerlukan pengawasan orang lain karena kerap bergantung pada orang lain.

Tingkat Kecerdasan Moron atau Debil (50-69)


Seseorang bisa dikatakan mempunyai kecerdasan tingkat Moron atau Debil bila nilai tes IQ-nya hanya sampai 50-69. Pada tingkat ini ia bisa membaca,menulis dan perhitungan sederhana, bisa diberikan tugas tanpa perencanaan dan pemecahan. Namun mereka tetap memerlukan sekolah khusus karena kemampuannya masih sangat sederhana.

Tingkat Kecerdasan Bodoh (70-79)


Seseorang bisa dikatakan mempunyai kecerdasan tingkat Bodoh bila nilai tes IQ-nya hanya sampai 70-79. Kayaknya kita perlu tes deh masuk bodoh apa gak ya … he he he bercanda. Pada tingkat ini mereka dengan susah payah untuk menyelesaikan pekerjaannya. Meski dapat melaksanakan tugas-tugas setara tingkat SMP namun mereka tetap terlihat sangat bersusah payah untuk melaksanakannya.

Tingkat Kecerdasan Normal Rendah (80-89)


Seseorang bisa dikatakan mempunyai kecerdasan tingkat Normal Rendah bila nilai tes IQ-nya hanya sampai 80-89. Kelompok ini termasuk normal sedang paling bawah. Setingkat lebih cerdas daripada tingkat kecerdasan Bodoh. Mereka bisa melaksanakan tugas-tugas setara SMU.

Tingkat Kecerdasan Normal sedang (90-109)


Seseorang bisa dikatakan mempunyai kecerdasan tingkat Normal Sedang bila nilai tes IQ-nya sampai 90-109. Dalam sekala rata-rata, kelompok dengan IQ Normal Sedang ini merupakan kelompok paling besar dalam populasi penduduk.

Tingkat Kecerdasan Normal Tinggi (110-119)


Seseorang bisa dikatakan mempunyai kecerdasan tingkat Normal Tinggi bila nilai tes IQ-nya sampai 110-119. Dimasukkan dalam kelompok dengan IQ Normal Tinggi karena berada setingkat lebih tinggi daripada tingkat sebelumnya.

Tingkat Kecerdasan Cerdas/Superior(120-129)


Seseorang bisa dikatakan mempunyai kecerdasan tingkat Cerdas bila nilai tes IQ-nya sampai 120-129. Biasanya kelompok ini berhasil dalam prestasi akademik. Ini termasuk kelompok yang sedikit mencolok karena mereka mempunyai kemampuan lebih.

Tingkat Kecerdasan Sangat cerdas (130-139)


Seseorang bisa dikatakan mempunyai kecerdasan tingkat Sangat Cerdas bila nilai tes IQ-nya sampai 130-139. Mereka mempunyai kemampuan dalam membaca dan berpengetahuan sangat baik, baik tentang bilangan maupun perbendaharaan kata yang banyak dan memahami hal yang abstrak. Mereka terlihat tangkas, kuat, dan sehat, daripada mereka yang normal.

Tingkat Kecerdasan Genius ( >140)


Seseorang bisa dikatakan mempunyai kecerdasan tingkat Genius bila nilai tes IQ-nya bisa lebih dari 140. Mereka mempunyai kemampuan cepat dalam menyelesaikan masalah dan menemukan sesuatu yang baru.

Itulah beberapa tingkat kecerdasan seseorang berdasarkan penilaian tes IQ. Untuk mengetahui berapa nilai tes IQ. Anda bisa melakukan tes secara online.
  1. Indonesia: http://www.quickiqtest.net/indonesian/
  2. English: http://www.iqtest.com/

Semoga bermanfaat.

Judul artikel: Cara Mengetahui Tingkat Kecerdasan IQ Seseorang
Kategori :
Diposting pada: Sabtu, Mei 25, 2013
Link Tautan: http://www.pojokmanfaat.com/2013/05/mengetahui-tingkat-kecerdasan-iq.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

14 komentar:

  1. hahaha skor 124 (padahal gak ngerti sama tesnya)

    BalasHapus
  2. bagaimana anda mengira iq test sebanyak 119 atau 124? boleh kira manually kah?

    BalasHapus
  3. bagaimana anda mengira tingkat kecerdasan 119 atau 124? boleh kira manually?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memperkirakan tingkat kecerdasan secara manual tanpa tes IQ, tentu susah karena tidak ada patokan penilaian. Cara yang memungkinkan ya digunakan analisis psikologi untuk menentukan pola perilaku atau kepribadian dan menyandingkan dengan jenis kepribadian tersebut pada tingkat kecerdasan. Setidaknya Anda harus punya beberapa sampel tingkat kecerdasan seseorang berdasarkan perliakunya. Misalnya: Cara berbicara dan mengemukakan pendapat. Seseorang yang mampu mengkonstruksi logikanya secara sistematis dan dapat menyampaikan dengan bahasa yang baik biasanya adalah orang-orang yang cerdas. Semoga membantu.

      Hapus
  4. Yang lain, silahkan share di sini, berapa hasil tes IQ Anda dan komentari pengalaman Anda tes IQ. Share pula bagaimana pengalaman pribadi Anda bersama orang yang Anda anggap cerdas, bagaimana kebiasaan-kebiasaannya.

    Ada banyak buku yang bisa digunakan untuk latihan tes IQ. Bahkan ada yang membuatnya secara berseri.

    BalasHapus
  5. 129 blm bisa naik-naik. kang bull sndiri brapa y?

    BalasHapus
  6. Cuma smpai 139 ,nilai 140 buat yg buat ya?masih teka teki 1+ nya buat saya



    BalasHapus
  7. pertama kali tes dapatnya hanya 60 sja kedua kalinya hanya bisa dapat 114 saja,,

    BalasHapus
  8. Kok saya ga bisa di lanjutkan??,mohon balas secepat nya

    BalasHapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.