Mencegah Rambut Rontok dengan Bahan Alami Tradisional

Rambut Rontok - Sebelumnya kita sudah tahu bagaimana cara mencegah rambut rontok dengan pemijatan sederhana pada kepala. Sebagai usaha untuk memberikan perawatan rambut dengan baik, kita juga perlu melakukan perawatan rambut dengan bahan alami agar terhindar dari kerontokan. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut? Setidaknya ada lebih dari 7 bahan alami berupa rempah dan buah-buahan yang bisa membantu mencegah rambut rontok. Sebelum mencobanya, Anda tetap harus mengetahui penyebab umum mengenai rambut rontok. Untuk masalah klinis yang tinggi seperti rambut rontok karena penyakit typus atau kanker, rambut rontok mungkin sulit dihindari. Pada masa-masa pemulihan setelah sembuh dari penyakit mungkin bahan ini bisa membantu.

Bahan Alami Pencegah Kerontokan Rambut


Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut agar terhindar dari kerontokan.

Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang peling sering digunakan untuk perawatan rambut. Pada Lidah buaya terkandung tonik yang bisa berfungsi sebagai zat penumbuh rambut karena bersifat memberi nutrisi pada akar rambut.

Caranya mudah sekali: Ambil lendir Lidah buaya dan usapkan secara merata pada kulit kepala, pijat dan diamkan beberapa menit. Setelah cukup Anda bisa membilasnya dengan keramas. Treatment dengan lidah buaya ini bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.


Minyak kemiri

Kelebihan minyak kemiri sebagai bahan pencegah rambut rontok terbukti dari banyaknya produk kemasan minyak kemiri sebagai minyak rambut. Anda bisa mencobanya sendiri dengan mengoleskan minyak kemiri pada rambut sampai pangkalnya. Bisa dengan cara krimbat pada seluruh rambut. Agar tidak menyengat, gunakan minyak kemiri sebelum keramas.

Minyak zaitun

Minyak Zaitun sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno dan digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Minyak Zaitun mengandung lemak tak jenuh terutama utamanya asam oleik dan polifenol. Penggunaan minyak Zaitun dapat membuat rambut lebih halus dan tumbuh dengan cepat.

Cara penggunaanya: Oleskan minyak zaitun secukupnya (sedikit saja sekitar tiga sampai lima tetes) pada kulit kepala. Agar dapat meresap dengan baik bisa dibantu dengan melakukan pemijatan kepala. Diamkan beberapa saat dan bila sudah cukup bisa dibersihkan dengan keramas. Bisa juga dipakai sebelum tidur, tentu saja siapkan alas kepala agar noda minyak tidak tertinggal pada bantal. Saat pagi Anda bisa keramas dan membersihkan sisa-sisa minyak zaitun.

Kulit apel

Vitamin yang ada pada kulit apel dapat berfungsi sebagai bahan pencegah kerontokan rambut. Untuk menggunakannya cukup blender kulit apel dan oleskan secara merata pada kepala. Diamkan beberapa saat dan bersihkan.


Santan

Santan dipercaya sebagai bahan alami yang dapat menjadikan rambut lembut dan mengkilap serta cepat panjang.

Cara penggunaannya: Oleskan santan pada kulit kepala sampai merata lalu diamkan beberapa saat. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda dapat membuatnya lebih lembab dengan menutup memakai handuk. Setelah dirasa cukup, Anda bisa membilasnya dengan air. Treatment dengan memakai santan ini bisa dilakukan beberapa hari dalam seminggu sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Madu

Madu memiliki kemampuan merangsang pertumbuhan rambut. Manfaat lainnya dapat membuat akar rambut lebih kuat sehingga tidak mudah rontok.

Untuk bahan santan, minyak zaitun, dan madu, juga bisa digunakan untuk perawatan rambut lain pada artikel sebelumnya:
  1. Agar rambut cepat panjang
  2. Manfaat madu untuk kesehatan rambut wanita

Seledri

Tak hanya bisa digunakan untuk pengharum masakan dan campuran sayuran, Seledri juga bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan alami dalam Seledri yang sangat membantu mencegah rambut rontok adalah kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B.

Cara menggunakannya: Ambil seledri secukupnya, kemudian blender kasar. Seledri yang sudah lumat tersebut dioleskan secara merata pada kulit kepala. Agar maksimal dan tidak mengganggu orang lain, Anda bisa menutupnya dengan handuk dan tidur. Saat bangun Anda bisa mencucuinya sampai bersih.

Demikian beberapa bahan alami yang dapat mencegah rambut rontok. Anda bisa memilih mana suka sesuai ketersediaan bahan di sekitar Anda. Lakukan dengan telaten dan semoga berhasil!

Judul artikel: Mencegah Rambut Rontok dengan Bahan Alami Tradisional
Kategori :
Diposting pada: Kamis, Oktober 17, 2013
Link Tautan: http://www.pojokmanfaat.com/2013/10/mencegah-rambut-rontok-dengan-bahan.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.